Monday, February 20, 2017

100% Work Mengatasi Lag di Android Tanpa Ribet

fix android lag, cara atasi lag, cara mengatasi lag di android



mengatasi android lemot - Siapa yang tidak tahu sebuah system operasi pada smarthphone, yaitu "Android" ini?. Saya yakin semua pasti sudah tau. OS yang booming saat ini memang sangat menggiurkan dengan berbagai fitur yang sangat lengkap untuk memanjakan penggunannya.

Siapa sangka, dibalik keunggulan Android ini, system operasi android ini juga bisa mengalami lemot atau lagging, yaitu keadaan dimana smartphone mengalami keterlambatan dalam menjalankan suatu perintah. Ada banyak sebab yang mempengaruhi lag ini.

Pada saat awal pembelian smartphone, pasti terasa enteng dan sangat cepat performanya, tapi setelah beberapa lama digunakan dan semakin banyak aplikasi yang digunakan, pasti akan mengalami lag. Tapi rata-rata android mengalami lag setelah melakukan root.

Ya, masalah lag ini memang sudah terasa wajar dan pasti ada di Android.

Lalu, apa yang menyebabkan android bisa mengalami lag?

Penyebab Android Lag

Ada banyak sekali factor yang bisa menjadikan android menjadi lag, diantaranya :

1. RAM yang kurang memadai alias terlalu kecil. Sama halnya seperti laptop/computer, android juga memerlukan RAM yang cukup banyak, supaya dalam menjalankan perintah/aplikasi bisa berjalan dengan lancar tanpa lag. Semakin besar RAM yang ada di dalam android, pasti akan besar juga Free RAM nya yang pastinya bisa menjalankan program-progam tanpa lag, wush wush.

2. Kebanyakan menginstal aplikasi, nah kebanyakan yang mengalami kejadian ini adalah para perempuan. Semakin banyak aplikasi yang di install, maka akan semakin sempit memori yang bisa digunakan.

3. Versi android sudah lawas. Yaps memang, semakin majunya teknologi system pada android juga berkembang, dan baru baru ini keluarlah android N yaitu Nougat yang pastinya lebih bagus dari versi sebelumnya. Jadi, versi android yang terlalu lawas juga bisa mempengaruhi lag pada android.

4. ROM (Read Only Memory) yang kurang stabil. Setiap smartphone pastinya memiliki ROM berbeda-beda. Biasanya saat awal keluar produk nya ROM pada smartphone tersebut agak kurang stabil, tapi kemudian pasti akan diperbaiki dan diberi update.

Tambah pusing deh mikirin lag di android sobat hehe. Tapi, jangan khawatir di sini saya akan memberikan sebuah tips dan trik untuk mengatasi lagi di android ini baik saat bermain game maupun tidak.

         Baca Juga : Rakit PC Spek Dewa dibawah 5 Juta

Solusi Mengatasi Lag di Android

mengatasi android lag, cara ampuh mengatasi lag di android

1. Update ROM atau CusROM.

Setiap smartphone pasti sudah terpasang sebuah system yang bernama ROM, nah setiap ROM pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah install CusROM saja di android sobat. CusROM adalah ROM original yang sudah diperbaiki, biasanya dibuat oleh pihak ketiga (bukan dari pabriknya). Biasanya CusROM memang terasa lebih enak dan enteng.

2. Uninstal Aplikasi yang tidak terlalu penting

Jalan lainnya untuk mengatasi lag adalah dengan mengapus /  menguninstal aplikasi yang sudah tidak terlalu penting. Supaya memori internal serta RAM di android lebih lega. Sehingga akan terasa lebih nyaman ketika digunakan.

3. Upgrade System Android

Lalu, cobalah dengan meng-upgrade system android. Walaupun prosesnya lama, tidak masalah kalu ini memang bisa mengatasi lag yang dialami oleh android sobat.

4. Lakukan Tweak

Cara ini menurut saya paling ampuh, tapi cukup berbahaya. Saya pernah mengalami ketika saya melakukan tweak pada smartphone saya, eh malah bootloop. Jadi hati hati ketika mau melakukan tweak, jangan sampai salah.

Tweak di sini maksudnya adalah mengedit sendiri system/daleman android untuk meningkatkan performa android. Mulai dari jaringan,cpu,ram,baterai dan banyak lagi, tapi ya itu resiko nya banyak.

Sobat bisa melakukan tweak ini secara manual ataupun menggunakan aplikasi secara instan. Saya sarankan gunakan saja aplikasi supaya lebih aman. Coba gunakan "L Speed" untuk melakukan tweak ini karena menurut saya aplikasi ini yang paling cocok dan bagus untuk tweak pada android sobat.

5. Factory Reset

Factory reset maksudnya adalah menghapus atau mengatur ulang smartphone sobat seperti semula. Jadi, semua data, aplikasi,foto dll akan hilang dan bersih seperti saat pertama membelinya. Memang dengan melakukan factory reset ini pasti android sobat langsung lancer, tapi setelah beberapa lama lagi mungkin akan kambuh. Tergantung bagaimana cara pemakaian sobat.

Gimana? Kelima cara diatas masih belum bisa mengatasi android lag?.

Tapi setidaknya, cara mengatasi android lag di atas pasti bisa menurunkan keadaan lag di android sobat.

Tapi jika memang benar benar tidak bisa,cara terakhir untuk mengatasi lag di android ini adalah...

Belilah smartphone baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Dijamin lancer normal jaya dan tidak usah khawatir dan was was smartphone sobat mengalami lag.

Demikian artikel tentang cara mengatasi android yang super lemot yang dapat saya berikan, jika sekiranya bermanfaat, share artikel ini keteman anda ataupun ke siapa saja.

Jika ada saran atau sanggahan silahkan berkomentar.


EmoticonEmoticon